Jakarta – Bandung Scenic Ride Bersama BPPI

Leave a comment

March 28, 2013 by grahaparahyangan

Sosialisasi oleh Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT.  Kereta Api Indonesia (Persero) dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan dalam upaya memperkenalkan benda dan bangunan cagar budaya perkeretaapian Indonesia. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengajak anggota Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) untuk untuk ikut berperan aktif dalam melestarikan cagar budaya milik PT.  Kereta Api Indonesia (Persero).

Image

Bertepatan dengan acara BPPI TENTANG “TEMU PUSAKA INDONESIA 2010” di Bandung, tanggal 23 September 2010 sebagian besar anggota BBPI yang akan melakukan kongres tersebut di Bandung berkesempatan melakukan perjalanan dengan kereta api Argo Parahyangan dari Gambir menuju Bandung. Jalur kereta api dari Jakarta ke Bandung merupakan salah satu jalur bersejarah bagi perkembangan perkeretaapian Indonesia.

Sepanjang jalur ini dipenuhi dengan kenangan-kenangan historis dan masih terdapat beberapa benda dan bangunan dengan konstruksi masih asli dan terpelihara serta berusia lebih dari 100 tahun antara lain bangunan stasiun, terowongan dan jembatan. Selain itu jalur ini masih menampakkan keasrian dan keindahan alam Indonesia walau beberapa bagian tampak telah berubah karena pengaruh perkembangan jaman dan modernisasi.
Tiba di stasiun Bandung, rombongan dijemput menggunakan 2 buah bus menuju Gedung Museum dan Galeri Graha Parahyangan di jalan Dayang Sumbi Bandung. Bangunan yang semula hanya merupakan rumah dinas dan mess para pegawai kereta api tersebut telah difungsikan kembali menjadi bangunan yang cukup artistik seperti pertama kali dibangun pada tahun 1927. Bangunan itu kini sudah siap dioperasionalkan sebagai sebuah bangunan komersil dan mampu mengangkat kembali sejarah kejayaan perkeretaapian Indonesia beserta keunikan sejarah yang dimilikinya.

Peserta rombongan disuguhkan dengan pameran foto-foto dan pernik-pernik perkeretaapian Indonesia. Hampir seluruh peserta rombongan menyatakan kekaguman dan kebanggan atas usaha yang dilakukan oleh Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT.  Kereta Api Indonesia (Persero) dan berharap upaya seperti ini dilakukan juga pada bangunan-bangunan lain milik perusahaan. Bahkan mereka berharap agar langkah yang dilakukan oleh PT.  Kereta Api Indonesia (Persero) ini menjadi contoh bagi BUMN lain dalam upaya ikut melestarikan cagar budaya Indonesia. Pada akhir acara peserta rombongan menuliskan kesan dan pesan kekaguman mereka di atas kanvas yang sudah disediakan dan menyatakan akan melakukan kampanye ke seluruh BUMN di Indonesia.

Jam 17.30 seluruh peserta rombongan meninggalkan Gedung Museum dan Galeri Graha Parahyangan karena malam hari dan beberapa hari berikutnya harus mengikuti kegiatan kongres “TEMU PUSAKA INDONESIA 2010”.

Rombongan tiba dan diterima di kantor Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT.  Kereta Api Indonesia (Persero) yang berlokasi di stasiun Gambir pada jam 10.30 WIB dan disambut oleh bapak Kusdiyono selaku tuan rumah mewakili ibu Ella Ubaidi yang berhalangan hadir. Dalam kesempatan itu beliau berkesempatan memberikan sedikit kata sambutan dan perkenalan tentang organisasi Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT.  Kereta Api Indonesia (Persero).

Jam 11.15 semua peserta rombongan bergegas menuju lantai 3 stasiun Gambir untuk naik ke dalam rangkaian kereta api Argo Parahyangan yang sudah menunggu di jalur 4. Rombongan menggunakan kereta yang disediakan khusus sebanyak 2 kereta kelas eksekutif tepat di belakang lokomotif. Jumlah kursi tersedia sebanyak 100 kursi seluruhnya ditempati oleh peserta rombongan dan pegawai dari Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT.  Kereta Api Indonesia (Persero) yang ikut serta mengawal rombongan.

Tepat jam 11.30 kereta api bergerak berangkat menuju Bandung. Dengan tidak membuang waktu maka segenap rombongan mengisi waktu dengan acara yang sudah direncanakan oleh panitia. Acara dimulai dengan kegiatan internal dari BPPI yang menyajikan materi diskusi tentang pelestarian Pusaka Indonesia. Kegiatan selanjutnya adalah diskusi tentang kekayaan alam dan dampak terhadap sosial budaya Indonesia yang berkaitan dengan munculnya perkeretaapian di Indonesia. Dampak terhadap kelestarian alam juga sempat dibahas karena memang moda angkutan kereta api terkenal dengan moda angkutan yang ramah lingkungan.

Acara dalam perjalanan juga dilakukan acara dialog tentang sejarah munculnya perkeretaapian di Indonesia, masa kejayaan dan mulai menyuramnya perkeretaapian Indonesia seiring dengan perkembangan teknologi moda angkutan jalan raya dan semakin baiknya mutu jalan raya yang dibuat oleh pemerintah serta semakin maraknya pembangunan jalan tol yang berdampingan dengan jalan rel. Sempat dibahas usulan-usulan alternatif agar perkeretaapian Indonesia tetap mampu bertahan ditengah gelombang globalisasi perdagangan dan persaingan usaha.

Image

Yang paling menarik adalah usulan tentang mengembangkan perkeretaapian Indonesia dipandang dari sisi lain yaitu tidak terkait dengan ‘core bussiness’ perusahaan yaitu mengupayakan aset-aset bersejarah yang selama ini ‘mati’ dan tidak mendatangkan nilai tambah bagi perusahaan untuk dioptimalkan menjadi bagian penting dari pendapatan perusahaan. Usulan-usulan ini kebanyakan datang dari peserta rombongan yang membandingkan bahwa di luar negeri (terutama negara-negara di Eropa) bahwa aset-aset sejenis dengan yang dimiliki PT.  Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil mendatangkan pendapatan tambahan yang cukup tinggi. Selain itu mampu meningkatkan citra perusahaan menjadi lebih baik karena mampu memelihara sosial budaya dan pusaka bangsa dan menjadikan sebagai pusat pendidikan bagi generasi penerus…

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

CALENDAR

March 2013
M T W T F S S
    Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Hours & Info

+62222503287
open : Senin - Jumat pk. 9.00 - 17.00
%d bloggers like this: